-->

Laman

Informasi karir

Posted by Unknown Senin, 20 Mei 2013 0 komentar

Ditulis oleh : Mybloeg

Informasi karir 

Informasi karir sebagai salah satu cara yang dilakukan dalam memberikan berbagai informasi tentang duania karir atau kerja pada anak didik di sekolah, tentu memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kematangan karir siswa. Sebab informasi karir memiliki arti dan makna yang sangat penting dan bermanfaat bagi siswa dalam upaya memberikan bantuan berupa informasi kepada peserta didik meningkatkan kematangan karir siswa.
Di samping itu, informasi karir memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kematangan karir siswa khususnya dalam memilih dan memecahkan setiap permasalahan yang dihadapi serta mampu mengenal dirinya sendiri serta dapat menentukan arah dan tujuan hidupnya secara mandiri. Kematangan karir siswa jugatidak lepas dari berbagai informasi yang diberikan oleh guru bimbingan atau konselor kepada siswa sebagai klien. Sebab informasi yang benar dan tepat dapat menjadikan siswa memilih dan menetukan karirnya.
Peningkatan kematangan karir siswa selain dapat dilakukan dengan memberikan informasi karir juga dapat dilakukan dengan oleh guru dengan berbagai metode karir seperti ceramah, diskusi, karya wisata, seminar karir, paket pelajaran, pengajaran unit, latihan kerja, kegiatan kurikuler, pendekatan kelompok, pendektan secara individual yang dilakukan oleh seorang konselor. Bagi seorang konselor yang memiliki kompetensi (kemampuan) dalam bimbingan tentu dapat memberikan informasi secara tepat dan optimal terutama dalam meningkatkan kematangan karir siswa serta mampu menjadikan siswa mandiri dalam dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya.
Informasi karir merupakan bantuan yang diberikan kepada peserta didik berupa berbagai informasi dalam rangka untuk mengembangkan potensi peserta didik seoptimal mungkin sehingga pada akhirnya diperoleh kematangan dalam karirnya dan mampu mengatasi masalah yang dihadapinya secara mandiri. Selain itu, Informasi karir juga dapat membantu anak didik dalam mengembangkan karirnya secara cepat, cermat, tepat baik dalam meilih dan mengambil keputusan dalam menyelesaikan setiap persoalan yang dihadapinya.
Kaitannya dengan informasi karir  dan kematangan karir ini, maka dalam penelitian ini, peneliti berupa untuk menyelidiki secara mendalam sehingga diperoleh data atau fakta kaitannya dengan masalah yang diteliti tersebut. Adapun yang dimaksud dengan penelitian adalah suatu penyelidikan terhadap fakta-fakta dengan metode yang obyektif dan jelas sehingga ditemukan hubungan atau pengaruh antar fakta dan menghasilkan suatu dalil (Nazir, 1995: 14). Lebih jauh dijelaskan bahwa penelitian adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu fakta atau hubungan antar fakta-fakta yang ada (Suharsimi, 2002: 11). Dengan demikian, penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki data-data atau fakta yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti sehingga diperoleh pengaruh atau hubungan antara kedua variabel yang diteliti.

     Sumber  :

     1.   Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian- Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
     2.   M. Nazir, 1992, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.



Description
: Informasi karir
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Informasi karir

0 komentar:

Posting Komentar